Senin, 25 Februari 2013

Setting context help di lazarus

Jika anda pernah menggunakan delphi, tentu anda sangat terbantu dengan adanya fitur help-nya, cukup dengan menekan tombol F1 maka akan tampil help tentang syntax/keyword dimana kursor anda saat itu berada.
Sayangnya fitur itu tidak secara otomatis tersedia jika anda baru saja selesai menginstal lazarus (setidaknya sampai dengan versi terbaru saat ini 0.9.30). Tetapi jangan takut, ternyata mudah kok mengaktifkan fitur itu. Caranya seperti berikut ini :
  1. Download file lazarus documentation di http://sourceforge.net/projects/lazarus/files, pilih versi terbaru yaitu fpc-lazarus-doc-html-0.9.30.tar.bz2, gak besar kok cuma 5,4 MB
  2. Setelah itu ekstrak file itu, misal di folder c:\nganu, maka nanti folder nganu itu akan mengandung  3 folder yaitu fcl, lcl dan rtl.
  3. Nah selanjutnya tinggal memberi tahu lazarus supaya membaca file di folder nganu itu jika context help dijalankan, caranya masuk ke menu Environment -> Options -> Help, lalu di panel Databases seting yang harus anda edit adalah :
  • klik RTLUnits, lalu arahkan BaseURL ke c:\nganu\rtl
  • klik FCLUnits, lalu arahkan BaseURL ke c:\nganu\fcl
  • klik LCLUnits, lalu arahkan BaseURL ke c:\nganu\lcl
Nah sekarang context help di lazarus anda sudah bisa dijalankan, coba aja taruh kursor anda di sembarang keyword lalu tekan F1, maka akan muncul pada default browser anda reference tentang keyword itu, kadang-kadang juga disertai examples cara penggunaanya. Enak kan, sudah gratis ada help-nya pula.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar